DPRD Launching SIM-LEGIT

DPRD Launching SIM-LEGIT

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk menciptakan tata kelola keuangan di DPRD Rejang Lebong yang berbasis teknologi informasi. DPRD Rejang Lebong meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Legislatif (SIM-LEGIT). Kegiatan launching dan sosialisasi aplikasi SIM-LEGIT Senin (22/10) kemarin di ruang rapat gabungan fraksi yang ada di sekretariat DPRD Rejang Lebong.

Sekretaris DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT menjelaskan, aplikasi SIM-LEGIT yang di launching kemarin merupakan bagian dari tugas PIM II yaitu progam perubahan (Proper).

\"Dalam Proper ni saya mencoba menghadirikan inovasi untuk membangun sistem keuangan di Sekretariat DPRD Rejang Lebong berbasis teknologi informasi dengan nama sistem informasi manajeman legislatif atau disingkat SIM-LEGIT,\" sampai Sekwan di depan tamu undangan yang hadir.

Dijelaskan Sekwan, hadirnya SIM-LEGIT ini merupakan jawaban dari kesulitan yang selama ini dialami dalam manajemen keuangan yang ada di Rejang Lebong khususnya di DPRD Rejang Lebong. Karena menurut Sekwan, selama ini anggota DPRD Rejang Lebong sangat kesulitan untuk mengakses keuangan khususnya di DPRD Rejang Lebong.

\"Dengan adanya aplikasi ini, maka nanti kita bisa memantau realisasi keuangan kita melalui HP,\" paparnya.Tak hanya untuk memantau keuangan saja, menurut Zulkarnain setelah dilakukan pengembangan, aplikasi SIM-LEGIT ini juga bisa digunakan untuk menerima laporan masyarakat.

Sehingga nanti dengan aplikasi tersebut masyarakat bisa melaporkan kepada anggota DPRD Rejang Lebong terkait dengan kondisi mereka dilapangan seperti kerusakan jalan dan jembatan yang perlu perbaikan.

\"Hadirnya aplikasi SIM-LEGIT ini merupakan bagian dari program pemerintaah yaitu dalam penyelenggaraan pemerintah harus berbasis teknologi informasi,\" tambah Zulkarnain.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh sekretariat DPRD Rejang Lebong tersebut. Karena menurut Wabup dengan adanya aplikasi tersebut maka bisa mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

\"Saat ini se Provinsi Bengkulu baru sekretariat DPRD Rejang Lebong yang menggunakannya, dan tidak menutup kemungkinan kedepannya digunakan OPD lain baik yang ada di Rejang Lebong maupun diluar Rejang Lebong khususnya di Provinsi Bengkulu,\" sampai Wabup.

Di sisi lain, Ketua DPRD Rejang Lebong, M Ali ST juga menyampaikan dukungannya terhadap kehadirian aplikasi SIM-LEGIT tersebut. Dimana menurut Ali, DPRD Rejang Lebong sangat mendukung percepatan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan salah satunya dengan menggunakan aplikasi SIM-LEGIT.

\"Kami sangat mendukung penggunaan aplikasi ini untuk percepatan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transaparan,\" sampai politisi Gerindra tersebut.

Diungkapkan Ali, penerapan SIM-LEGIT di sekretarit DPRD Rejang Lebong tersebut merupakan bagian dari menjalankan amanah Presiden RI tentang peneratan sistem administrasi berbasis teknologi informasi.

Di sisi lain, Ketua DPRD Rejang Lebong juga berharap dengan adanya peningkatan sistem pengelolaan keuangan di sekretariat DPRD Rejang Lebong tersebut, Ali juga meminta Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong juga meningkatkan kualitas SDM yang ada di Sekretariat DPRD Rejang Lebong, terutama mengisi beberapa jabatan eselon IV di DPRD Rejang Lebong yang saat ini masih kosong.

Selain dihadiri oleh Ketua DPRD dan Wakil Bupati Rejang Lebong, kegiatan launcing SIM-LEGIT juga dihadiri oleh Kajari Rejang Lebong, perwakilan Dandim dan Kapolres Rejang Lebong Wakil Ketua I dan II serta sejumlah anggota DPRD Rejang Lebong dan sejumlah pihak terkait lainnya. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan komitmen mewujudkan sinergitas pengelolaan administrasi keuangan sekretariat DPRD Kabupaten Rejang Lebong berbasi teknologi informasi.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: